Berita Aktual

Cegah Tangkal Peredaran Produk Ilegal, BBPOM di Pekanbaru Lakukan KIE Langsung Kepada Pelaku Usaha Retail di Kabupaten Rokan Hulu

21 Januari 2022 21:54 WIB Dilihat 940 Kali Balai Besar/Balai POM » Pekanbaru

Dalam rangka meningkatkan kesadaran pelaku usaha terkait arti penting Obat dan Makanan yang aman dan bermutu serta untuk memutus mata rantai peredaran produk ilegal yang beresiko terhadap Kesehatan, BBPOM di Pekanbaru melakukan kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) secara langsung di sarana retail di wilayah Kabupaten Rokan Hulu.

 

Kegiatan KIE dilaksanakan oleh Tim Infokom dari tanggal 19 - 21 Januari 2022 melalui:

1.Penyerahan materi leaflet tentang Cek KLIK Obat dan Makanan, Aplikasi Cek BPOM, BPOM Mobile, Public Warning Obat Tradisional dll.

2.Praktik penggunaan aplikasi BPOM Mobile menggunakan HP masing - masing pelaku usaha.

3.Kepada Pemilik / Penanggung Jawab/ Karyawan telah dilakukan sosialisasi tentang :

  • Larangan memperdagangkan sediaan farmasi (obat, obat tradisional, kosmetik dan suplemen kesehatan) dan pangan tanpa izin edar serta pangan mengandung bahan berbahaya (Formalin, Boraks, Rhodamin B dan Metanil Yellow).
  • Larangan menjual obat (obat bebas, obat bebas terbatas dan obat keras) jika sarana tidak memiliki izin dan tidak memiliki penanggung jawab Tenaga Kefarmasian sesuai ketentuan yang berlaku.

Kepada pelaku usaha dijelaskan bahwa sediaan farmasi dan pangan tanpa izin edar serta pangan mengandung bahan berbahaya berisiko terhadap Kesehatan, dan bagi pelaku pelanggaran dapat dikenakan sanksi pidana sesuai UU Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan dan UU Nomor  18 Tahun 2012 Tentang Pangan.

Pelaku usaha memberikan respon yang baik terhadap sosialisasi yang dilakukan oleh Tim BBPOM di Pekanbaru. KIE mengenai Cek KLIK (Cek kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek kedaluwarsa) juga dilakukan kepada konsumen yang sedang berbelanja pada sarana ritel. Semoga dengan kegiatan ini dapat membentuk pelaku usaha dan konsumen yang cerdas dan bijak dalam memilih produk Obat dan Makanan yang akan dikonsumsi guna mendukung terwujudnya SDM yang unggul, sehat dan berdaya saing di Provinsi Riau.