Berita Aktual

Pengawasan Terpadu di Daerah Terpencil Kabupaten Luwu Utara

20 Januari 2022 10:31 WIB Dilihat 756 Kali Balai Besar/Balai POM » Loka POM di Kota Palopo

Salah satu tugas Loka POM di Kota Palopo sebagai UPT Badan POM yaitu melakukan pengawasan pre-market yaitu pengawasan terhadap produk sebelum beredar dan pengawasan post-market yaitu pengawasan terhadap produk setelah produk diedarkan. Tanggal 13 sampai 15 Januari 2022, tim dari Loka POM di Kota Palopo melaksanakan kegiatan pengawasan terpadu di Kabupaten Luwu Utara tepatnya di Kecamatan Masamba dan Desa Limbong, Kecamatan Rongkong.

Tim Pengawasan ini melaksanakan tugas antara lain:

1. Pemeriksaan Sarana Produksi Pangan

Fokus pemeriksaan pada sarana produksi pangan industri rumah tangga. Selain untuk memastikan produksi pangan dilakukan dengan menerapkan higiene dan sanitasi yang baik, petugas juga memberikan masukan dan saran kepada pelaku usaha agar dapat meningkatkan keamanan dan mutu pangan yang diproduksi. Petugas juga melakukan pembinaan kepada pelaku usaha untuk dapat mendaftarkan produknya sehingga memperoleh nomor izin edar dari Badan POM.

2. Pemeriksaan Sarana Distribusi Obat dan Makanan serta Sarana Pelayanan Kefarmasian

Fokus pemeriksaan pada Sarana Distribusi Pangan dan Sarana Pelayanan Kefarmasian yaitu Puskesmas Limbong, Kecamatan Rongkong. Pengawasan ini bertujuan untuk memastikan produk obat dan makanan yang beredar di masyarakat terjamin keamanan, mutu dan khasiatnya.

3. Sampling Obat dan Makanan

Fokus sampling pada produk obat, obat tradisional dan kosmetik dan selanjutnya akan dikirim ke Balai Besar POM di Makassar untuk dilakukan pengujian laboratorium. Proses sampling dan pengujian terhadap produk yang telah beredar ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan mutu produk tersebut senantiasa terjaga sepanjang rantai distribusi.

4. Pengawasan Iklan Produk Obat dan Makanan serta Tembakau

Fokus pengawasan iklan yaitu pada iklan produk pangan dan produk tembakau. Pengawasan iklan bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian iklan produk dengan ketentuan yang berlaku.

Keseluruhan rangkaian kegiatan pengawasan ini diharapkan dapat mewujudkan peredaran obat dan makanan yang aman, bermutu dan berkhasiat di seluruh wilayah pengawasan Loka POM di Kota Palopo termasuk di daerah terpencil seperti di wilayah Kecamatan Rongkong, Kabupaten Luwu Utara