Berita Aktual

Monitoring dan Evaluasi Program Desa Pangan Aman di Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2021

2 Desember 2021 15:54 WIB Dilihat 49 Kali Balai Besar/Balai POM » Pekanbaru

BBPOM di Pekanbaru menyelenggarakan kegiatan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Program Prioritas Nasional Desa Pangan Aman di Kabupaten Indragiri Hulu. Monitoring dan evaluasi dilakukan terhadap Kelurahan Pangkalan Kasai, Desa Buluh Rampai, Desa Beligan dan Desa Bandar Padang yang telah memperoleh intervensi keamanan pangan oleh BBPOM di Pekanbaru pada Tahun 2021.

 

Tujuan kegiatan ini ialah untuk melihat proses maupun kemajuan pelaksanaan program Desa Pangan Aman pada keempat desa/kelurahan yang telah diintervensi tersebut, mengukur capaian target yang telah ditetapkan, mengidentifikasi hal-hal yang mendukung dan menghambat pelaksanaan program serta memperoleh rekomendasi untuk pengembangan program lanjutan.

 

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program Desa Pangan Aman di Kabupaten Indragiri Hulu dibuka oleh Wakil Bupati Indragiri Hulu Junaidi Rachmat pada Rabu, 1 Desember 2021.

 

Pada kegiatan ini dilakukan penandatanganan komitmen bersama pelaksanaan program keamanan pangan secara berkelanjutan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hulu yang diwakili oleh Junaidi Rachmat dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Indragiri Hulu serta Kepala BBPOM di Pekanbaru dalam hal ini diwakili oleh Koordinator Kelompok Substansi Pengujian Syarnida.

 

Mengingat pentingnya keberlangsungan program Desa Pangan Aman pada keempat desa/kelurahan tersebut maka tim Keamanan Pangan Desa (KPD) Kelurahan Pangkalan Kasai, Desa Buluh Rampai, Desa Beligan dan Desa Bandar Padang telah menyusun dokumen perencanaan program keamanan pangan desa/kelurahan mandiri Tahun 2022. Pada kesempatan ini juga telah dilakukan penandatanganan dokumen perencanaan program keamanan pangan mandiri tersebut oleh Tim KPD dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hulu.

 

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program Desa Pangan Aman di Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2021 ini dihadiri oleh Kader Keamanan Pangan Desa (KKPD) Terbaik Tingkat Nasional Rahima. Pada kesempatan tersebut Rahima menyampaikan motivasi dan berbagi  pengalaman mengenai pencapaiannya sehingga dapat menjadi KKPD Terbaik Tingkat Nasional.

 

Koordinator Kelompok Substansi Pengujian Syarnida menyampaikan harapan kepada KKPD yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu untuk dapat selalu bersemangat dalam menerapkan keamanan pangan di daerahnya masing-masing. Semoga KKPD Indragiri Hulu dapat meraih berbagai prestasi di tingkat nasional pada tahun-tahun mendatang seperti Desa Bukit Intan Makmur yang telah berhasil Meraih Juara 2 Nasional Lomba Desa Pangan Aman Tahun 2020 dan Kelurahan Agrowisata yang telah berhasil berhasil meraih penghargaan sebagai KKPD Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2021.

 

@bpom_ri

@ditpmpu_po