Berita Aktual

Dukung pangan lokal, BBPOM di Manado dampingi pelaku UMKM di Kotamobagu

2 Desember 2021 13:42 WIB Dilihat 56 Kali Balai Besar/Balai POM » Manado

Kotamobagu, 18 November 2021, BBPOM di Manado menyelenggarakan Pendampingan UMKM dalam rangka registrasi pangan olahan bagi para pelaku UMKM pangan lokal di Kotamobagu. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Sutan Raja Kotamobagu dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat serta diikuti oleh 22 pelaku UMKM Pangan Olahan di Kotamobagu.

Kegiatan ini dilatar belakangi dengan sudah mulai terkendalinya Covid19 di Kota Kotamobagu sehingga menjadi peluang bagi dunia usaha untuk bangkit kembali. Peluang ini coba dimanfaatkan BBPOM di Manado dengan membagikan pengetahuan bagi pelaku UMKM tentang tata cara registrasi agar produk mereka memiliki legalitas dan memenuhi aspek keamanan untuk dikonsumsi secara luas oleh masyarakat.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Bapak Moh. Aljufri Ngandu, S.Pd selaku Kepala Dinas PTSP Kotamobagu, Ibu Yunivianan Manoppo , S.Farm, Apt sebagai Kepala Bidang Yankes & SDK Dinas Kesehatan Kotamobagu,  Ibu Deyvie Lumenta, SE dari  Dinas Kesehatan Kotamobagu,serta Ibu Katherina Agusti Wijaya, S.Si., M.Biotech dan Ibu Irene Roberta Raya, S.Si., Apt dari  BBPOM di Manado.

Melalui pertemuan ini, diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi pelaku UMKM dalam mendaftarkan produknya mulai dari pengurusan proses perizinan berusaha melalui pelaksanaan sistem online single submission (OSS) sampai kepada proses mendaftarkan produk pangan industri rumah tangga di Dinas Kesehatan untuk mendaptarkan no izin PIRT  dan registrasi pangan olahan di BPOM untuk mendapatkan no izin edar MD.

 Kegiatan ini mendapat apresiasi dari peserta yang hadir serta menjadi motivasi bagi pelaku usaha untuk mendaftarkan produk pangan olahannya agar dapat berdaya saing sehingga dapat  dipasarkan lebih luas lagi.