Berita Aktual

BIMTEK INTERNAL PENGUJIAN " KETIDAKPASTIAN PENGUKURAN MIKROBIOLOGI"

2 Desember 2021 08:05 WIB Dilihat 248 Kali Balai Besar/Balai POM » Pangkal Pinang

Selasa 30 November 2021, menjadi penutup pelaksanaan kegiatan peningkatan kompetensi personel melalui Bimtek Internal Pengujian Balai POM di Pangkalpinang tahun anggaran 2021. Tema yang diusung pada kesempatan ini adalah “Ketidakpastian Pengukuran Mikrobiologi”. Mengingat perhitungan dan evaluasi ketidakpastian sangat penting untuk memberikan jaminan mutu dan meningkatkan kualitas pelayanan publik, khususnya terkait dengan pengujian obat dan makanan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala Balai POM di Pangkalpinang Tedy Wirawan, M. Si., Apt. berkesempatan untuk membuka secara langsung kegiatan yang diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting ini, diikuti oleh seluruh personel pengujian dan diampu oleh Murtiningsih, M.App.Sc. tenaga ahli yang bekerja di Balai Besar Pengujian Penerapan Hasil Kelautan dan Perikanan, Jakarta.

Terdapat tujuh pokok materi yang disampaikan, yaitu Pengujian yang memerlukan penghitungan nilai ketidakpastian, Sumber sumber ketidakpastian pengukuran, Pendekatan penghitungan nilai ketidakpastian, Reproducibility dalam penghitungan nilai ketidakpastian pengukuran, Penghitungan nilai ketidakpastian, Pencantuman nilai ketidakpastian pada laporan hasil uji, serta Evaluasi ketidakpastian pengukuran.

Bimbingan teknis internal ini diharapkan dapat menambah wawasan, pengetahuan dan memberikan solusi terhadap permasalahan atau kendala yang dihadapi dalam melakukan proses perhitungan ataupun evaluasi ketidakpastian pengukuran mikrobiologi. Dan untuk kedepannya dapat diterapkan di Laboratorium Pengujian Mikrobiologi Balai POM di Pangkalpinang.

Balai POM di Pangkalpinang