Berita Aktual

GENERASI MUDA INDONESIA “TANPA OBAT ILEGAL DAN PENYALAHGUNAAN OBAT : AKU SEHAT, AKU HEBAT”

1 Desember 2021 08:49 WIB Dilihat 109 Kali Balai Besar/Balai POM » Loka POM di Kabupaten Tanah Bumbu

Selasa, 23 November 2021. Dalam rangka mendukung Aksi Nasional Pemberantasan Obat Ilegal dan Penyalahgunaan Obat yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. Kantor BPOM di Tanah Bumbu menyelenggarakan Sosialisasi “Tanpa Obat Ilegal dan Penyalahgunaan Obat: Aku Sehat, Aku Hebat” secara daring melalui Aplikasi Zoom Meeting.

 

Tiga strategi Aknas POIPO yaitu strategi pencegahan, strategi deteksi, dan strategi respon. Strategi pencegahan dalam Aknas POIPO dilakukan dengan dua hal yaitu Komunikasi Informasi Edukasi dan peningkatan koordinasi lintas sektor. Sosialisasi ini merupakan salah satu langkah pencegahan khususnya bagi generasi muda Indonesia.

 

Peserta dari sosialisasi ini merupakan guru dan siswa-siswi SMP-sederajat dan SMA-sederajat di wilayah Kabupaten Kotabaru. Sejumlah 87 peserta hadir dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut.

 

Materi yang disampaikan pada kegiatan ini diantaranya : Pengawasan Peredaran Obat Ilegal di Kabupaten Kotabaru beserta Cara Memilih Obat yang Aman dibawakan oleh Lisna Andriani, S.Farm., Apt (PFM Pertama BPOM), Kasus Penyalahgunaan Obat di Kabupaten Kotabaru beserta Sanksi Pidananya oleh Ipda edy junaidy, SH (Kaur Mintu Sat Narkoba Polres Kotabaru), dan Bahaya Penyalahgunaan Obat dan Konsumsi Obat Ilegal Bagi Kesehatan oleh dr Alius Cahyadi, SpPD (Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSUD Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru).

 

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memicu partisipasi dan aksi yang baik dari remaja dalam pencegahan diri dari penyalahgunaan obat.

 

Ayo! Selalu lakukan Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin edar dan Kedaluwarsa) sebelum membeli dan mengonsumsi Obat dan Makanan serta menerapkan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak) untuk mencegah penyebaran COVID – 19.

.

#SahabatBPOM bisa mendapatkan informasi atau melakukan pengaduan tentang obat dan makanan dengan datang langsung ke Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Kantor Badan POM di Kab. Tanah Bumbu di Jln. Transmigrasi No.09 KM 3.5, Simpang Empat.

.

#SahabatBPOM juga bisa menghubungi kami melalui media sosial:

Instagram : bpomtanahbumbu

Facebook : Bpom Tanah Bumbu

Twitter : BPOM Tanah Bumbu

Youtube : BPOM TANAH BUMBU