Berita Aktual

TALKSHOW DIALOG INTERAKTIF DI RADIO ONIX 88,7 FM DENGAN TEMA ISHOMAN (ISU HANGAT OBAT DAN MAKANAN)

3 September 2021 08:31 WIB Dilihat 50 Kali Balai Besar/Balai POM » Loka POM di Kota Balikpapan

Perkembangan dunia digital saat ini sangatlah cepat. Kita dapat dengan mudah mengakses informasi dimanapun dan kapanpun. Akan tetapi perkembangan pesat dunia digital saat ini juga dibarengi oleh meningkatnya berita atau info-info palsu yang beredar termasuk tentang isu obat dan makanan yang simpang siur. Berita maupun info hoax atau palsu dapat memberikan pemahaman yang keliru pada masyarakat. Saat ini, persebaran virus corona (Covid-19) yang masif di berbagai negara juga menimbulkan banyak misinformasi tentang penularan maupun pengobatannya. Badan POM terus berusaha melindungi masyarakat dalam rangka meningkatkan pengawasan Obat dan Makanan, salah satunya dengan memberikan penjelasan terhadap isu-isu yang beredar di masyarakat melalui kegiatan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE).

Mempertimbangkan kondisi pandemi seperti saat ini, KIE tidak dapat dilakukan secara langsung dengan mengumpulkan massa. Oleh sebab itu dibutuhkan berbagai alternatif media, sehingga informasi mengenai obat dan makanan yang aman dapat tersampaikan dengan baik. Media radio menjadi salah satu pilihan dalam menyampaikan KIE mengenai obat dan makanan aman. Siaran melalui on air radio dapat didengarkan oleh berbagai kalangan. Kamis (2/9/21) Loka POM di Kota Balikpapan hadir sebagai narasumber pada kegiatan Talkshow melalui Radio danyang diselenggarakan di Radio Onix 88.7 FM @onixradio887fm. Kegiatan talkshow ini diikuti oleh masyarakat di Kota Balikpapan yang mendengarkan melalui saluran Radio Onix dan Instagram Live pada akun Loka POM di Kota Balikpapan. Talkshow yang mengambil tema "ISHOMAN (Isu Hangat Obat dan Makanan)" dibawakan oleh narasumber Kepala Loka Balikpapan Dra. Sumiaty Haslinda, Apt dan MC Ucha @mcucha dari Onix Radio. Materi yang disampaikan mengenai isu tentang obat dan makanan yang beredar seperti pengobatan virus covid 19, kosmetik yang aman dan seputar izin edar BPOM.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan edukasi bagi masyarakat mengenai keamanan dan mutu produk obat dan makanan yang beredar di Indonesia serta klarifikasi terhadap isu yang tengah hangat beredar. Selain itu, di dalam kegiatan ini juga diberikan pemahaman bagi masyarakat untuk tetap melindungi diri dan menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19.