Berita Aktual

Pengendalian Anti-Microbial Resistance (AMR) Melalui Peningkatan Awareness Dan Koordinasi Lintas Sektor Serta Penertiban Peredaran Antibiotika di Wilayah Balikpapan

17 September 2021 08:20 WIB Dilihat 45 Kali Balai Besar/Balai POM » Loka POM di Kota Balikpapan

Badan POM sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam menjamin efikasi, keamanan dan mutu setiap obat yang beredar di Indonesia, berperan penting dalam pengawasan obat secara pre-market (penilaian obat sebelum obat beredar di pasar di pasaran). Salah satu ancaman terbesar terhadap kesehatan dan risiko keamanan kesehatan global saat ini adalah Anti-Microbial Resistance (AMR). Tidak hanya berdampak kepada manusia, AMR juga berdampak kepada hewan, perikanan, pertanian dan lingkungan. Kamis, 16 September 2021 Loka POM di Kota Balikpapan mengadakan Acara Bertajuk Pengendalian Anti-Microbial Resistance (AMR) Melalui Peningkatan Awareness Dan Koordinasi Lintas Sektor Serta Penertiban Peredaran Antibiotika di wilayah Kota Balikpapan.

Kondisi saat ini, banyak pihak belum sepenuhnya aware tentang urgensi pengendalian AMR kaitannya dengan perlindungan kesehatan masyarakat. Untuk itu, perlu dilakukan Peningkatan Awareness dan Koordinasi Lintas Sektor dalam Upaya Pengendalian AMR. Diharapkan dengan meningkatnya awareness dan pemahaman multisektoral dalam pentingnya pengendalian AMR dapat memudahkan dan meningkatkan koordinasi lintas sektor pula sehingga dampak dan risiko terhadap kesehatan manusia dapat dikelola dan diminimalisasi. Didukung pula dengan penertiban peredaran antibiotika secara massive di seluruh Indonesia. Acara Pengendalian Anti-Microbial Resistance (AMR) Melalui Peningkatan Awareness Dan Koordinasi Lintas Sektor Serta Penertiban Peredaran Antibiotika di wilayah Kota Balikpapan menghadirkan narasumber dari Ikatan Dokter Indonesia Ibu dr.Ivanna, MKed.Klin., Sp.MK, Ketua IAI Balikpapan Ibu Apt. Hasnah Haerani, MKes dan Kepala Loka POM di Kota Balikpapan Dra Sumiaty Haslinda, Apt.

Narasumber Apt. Dra. Hasnah Haerani, M.Kes (Ketua PC IAI Kota Balikpapan) membawakan materi Peran Apoteker dalam Meningkatkan Awareness Pengelolaan Obat Khususnya Antibiotika dalam Mendukung Upaya Pengendalian AMR dan dr.Ivanna,MKed.Klin.,Sp.MK (Ka.Unit Mikrobiologi dan Ketua Komite PPI RSUD dr.Kanujoso Djatiwibowo) yang membawakan materi Penggunaan Antibiotik yang Tepat untuk Mencegah Terjadinya Antimicrobial Resistance (AMR). Selain itu turut menjadi narasumber dari Loka POM di Kota Balikpapan, yaitu Dra. Sumiaty Haslinda, Apt selaku Kepala Loka POM di Kota Balikpapan dengan materi Kebijakan Pengawasan dan Pengelolaan Antibiotik sebagai Upaya Pengendalian AMR. Peserta yang hadir merupakan para apoteker penanggung jawab dari berbagai instansi seperti Puskesmas, Rumah Sakit dan Apotek. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat mengingkatkan pengetahuan apoteker mengenai Antimicrobial Resistance.