Berita Aktual

Sosialisasi Keamanan Pangan di Pasar Seketeng Kabupaten Sumbawa melalui Kampanye Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas

11 Oktober 2021 15:06 WIB Dilihat 229 Kali Balai Besar/Balai POM » Mataram

Sumbawa–Kamis (07/10/2021) Balai Besar POM di Mataram menyelenggarakan kegiatan Kampanye Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas di Pasar Seketeng Kabupaten Sumbawa. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi terkait keamanan pangan kepada komunitas Pasar Seketeng khusunya pengunjung yang rutin berbelanja sehari-hari. Bersama dengan petugas pengelola Pasar Seketeng, petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa membagikan produk informasi terkait keamanan pangan berupa brosur dan leaflet kepada pengunjung pasar.

Petugas memberikan edukasi kepada pengunjung pasar terkait dampak negatif penggunaan bahan berbahaya pada pangan bagi kesehatan, selain itu contoh-contoh pangan yang sering ditemukan mengandung bahan berbahaya seperti boraks, formalin, rhodamine-B dan methanyl yellow juga dijelaskan kepada pengunjung pasar. Perhatian pengunjung pasar langsung tertuju pada pemajangan contoh produk yang tidak memenuhi syarat dan contoh bahan berbahaya yang sering disalahgunakan. Antusiasme pengunjung sangat tinggi dengan adanya kampanye ini karena beberapa pengunjung memang belum pernah mendapatkan sosialisasi terkait keamanan pangan sehingga sering kali sebagian dari mereka masih membeli dan mengonsumsi produk pangan yang tidak memenuhi ketentuan atau mengandung bahan berbahaya. Edukasi CEK KLIK (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Kedaluwarsa), penggunaan aplikasi BPOM Mobile, nomor Contact Centre Halo BPOM 1500533 dan nomor Whatsapp ULPK BBPOM di Mataram juga disampaikan kepada pengunjung.

Melalui kegiatan kampanye ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran, pengetahuan, pemberdayaan dan kemandirian komunitas pasar tentang keamanan pangan dan ikut serta dalam mengawasi bahan berbahaya yang sering disalahgunakan pada pangan serta meningkatkan partisipasi petugas pengelola pasar dan pedagang pasar dalam menerapkan cara ritel pangan yang baik di pasar tradisional.

 

BBPOM di Mataram