Berita Aktual

Berdayakan Komunitas Pasar Sila Kabupaten Bima sebagai Kader Pangan Aman melalui Penyuluhan Komunitas Pasar

11 Oktober 2021 14:42 WIB Dilihat 190 Kali Balai Besar/Balai POM » Mataram

Bima–Selasa (05/10/2021) Balai Besar POM di Mataram menyelenggarakan kegiatan penyuluhan kepada komunitas pasar dalam rangka intervensi Program Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas di Pasar Sila Kabupaten Bima. Kegiatan yang diikuti oleh 50 orang pedagang di Pasar Sila ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan, pemberdayaan dan kemandirian komunitas pasar khususnya pedagang pasar tentang keamanan pangan untuk dapat ikut serta dalam mengawasi bahan berbahaya yang sering disalahgunakan pada pangan serta meningkatkan partisipasi petugas pengelola pasar dan pedagang pasar dalam menerapkan cara ritel pangan yang baik di pasar tradisional.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Pasar Sila dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait Keamanan Pangan dan Cara Ritel Pangan yang Baik di Pasar Tradisional oleh Koordinator Kelompok Substansi Informasi dan Komunikasi BBPOM di Mataram, Drs. I Nyoman Sumasada, Apt., M.H., Hygine Sanitasi di Pasar Tradisional oleh Muhammad Sidik, S.ST, M.Si dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bima dan Pengawasan Bahan Berbahaya di Pasar oleh Riyani, SH dari Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bima.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, peserta penyuluhan sangat antusias mendengarkan pemaparan materi dan mengajukan pertanyaan terkait hal-hal yang belum dipahami. Petugas juga menyampaikan hasil pengujian tahap 1 terhadap 100 sampel pangan yang diduga mengandung bahan berbahaya yang dilakukan oleh Petugas Pengelola Pasar dengan hasil sebanyak 14% sampel tidak memenuhi syarat (TMS). Kepada seluruh pedagang yang hadir dihimbau untuk tidak lagi menjual pangan yang mengandung bahan berbahaya dan bahan berbahaya itu sendiri. Partisipasi aktif dari pedagang sebagai komunitas pasar dalam melaporkan adanya penyalahgunaan bahan berbahaya di pasar kepada BBPOM di Mataram melalui petugas pengelola pasar juga sangat diharapkan agar terwujud Pasar Sila sebagai Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas Melalui kegiatan penyuluhan ini diharapkan kesadaran akan pentingnya penerapan keamanan pangan, hygine sanitasi dan cara ritel pangan yang baik di pasar meningkat dan tercermin dalam hasil monitoring dan evaluasi tahap 2.

 

BBPOM di Mataram