Berita Aktual

Pengujian Obat dan Makanan Berbasis Teknologi Informasi di Masa Pandemi Covid-19

11 September 2021 11:02 WIB Dilihat 313 Kali Balai Besar/Balai POM » Mataram

Mataram – Kamis (12/09/2021) Pandemi Covid-19 yang masih berjalan memberikan pengaruh yang cukup signifikan dalam penyelenggaraan pemerintahan terutama elemen pelayanan publik. Menghadapi situasi tersebut, sebagai salah satu UPT Badan POM, BBPOM Mataram terus melakukan inovasi sebagai strategi agar tetap berkinerja dan produktif di tengah kondisi pandemi covid-19. 

Melalui program Segera – Kita RB (Sosialisasi Semangat Perubahan dan Kuis Uji Ingatan RB) yang dilaksanakan secara virtual, telah dilaksanakan Internalisasi dan Sosialisasi Reformasi Birokrasi terhadap salah satu inovasi di bidang pengujian obat dan makanan BBPOM Mataram. Inovasi ini disebut “SiOpa lagi JJ” atau Sistem Pengoperasian Alat Laboratorium Jarak Jauh. Adapun narasumber pada kegiatan sosialisasi tersebut adalah Sdra. Ahmad Hidayatullah, S.Si dan dihadiri oleh seluruh ASN BBPOM Mataram ini.

SiOpa lagi JJ merupakan inovasi di bidang pengujian obat dan makanan berbasis teknologi informasi yang memungkinkan pegawai BPOM khususnya penguji/analis dapat mengoperasikan alat laboratorium dengan lebih baik dan praktis dari jarak jauh, seperti mengawasi proses jalannya analisa dan melakukan pengolahan data.  Hal ini memungkinkan pegawai tidak sepenuhnya bekerja di laboratorium, tetapi dapat bekerja dari luar kantor, termasuk dari rumah (Work From Home) sehingga tetap produktif. Selain itu, sistem ini dapat meminimalisir kecelakaan kerja saat melakukan analisis sampel di laboratorium dan meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengujian dan penggunaan bahan kimia. 

Mekanisme pengoperasian alat laboratorium secara jarak jauh dimulai dengan menjalankan aplikasi Team Viewer dari masing-masing komputer. Peralatan laboratorium seperti HPLC, TLC System, GC, AAS, LCMS/MS, ICP-MS, dan GC-MS yang ada di BBPOM Mataram telah diinstal aplikasi Team Viewer sehingga personil lab dapat mengoperasikan dan mengendalikan alat laboratorium dari jarak jauh. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan aman karena diproteksi oleh user id dan password untuk setiap perangkat komputer.

Pengujian sampel obat dan makanan berbasis teknologi informasi sangat bermanfaat dalam upaya mempercepat pelayanan publik yang prima di tengah pandemi yang belum berakhir dalam mengimplementasikan Reformasi Birokrasi di BBPOM Mataram menuju zona integritas untuk meraih predikat WBK/WBBM.


BBPOM Mataram,

Profesional, Inovatif, Responsif, Berintegritas

WBK WBBM

Pasti Bisa Yes Yes Yes

#BBPOMdiMataram

#WilayahBebasKorupsi

#ReformasiBirokrasi

#BadanPOMRI

#SeputarBPOM

#HaloBPOM1500533