Berita Aktual

Perkara Kosmetik Tanpa Izin Edar akhirnya diserahkan Penyidik kepada Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Tinggi Papua Barat

3 September 2021 12:00 WIB Dilihat 427 Kali Balai Besar/Balai POM » Manokwari

Pada hari Rabu, 01 September 2021 petugas Balai POM di Manokwari  yaitu Koordinator Penindakan : Adi Rahmadi, S.Si., Apt bersama staf penindakan : Jandri Duvico Sihaloho, S.Farm., Apt., Agus Wahyudi, S.Si., Apt., dan Maynitazary Bagenda, Amd. Kes melakukan Tahap II yaitu penyerahan tersangka (R) dan barang bukti perkara tindak pidana dengan sengaja mengedarkan sediaan farmasi berupa kosmetik tanpa izin edar dari Penyidik Pegawai Negeri Sipil Balai POM di Manokwari kepada jaksa penuntut umum Kejaksaan Tinggi Papua Barat, Gerei Sambine, SH. MH yang bertempat di kantor Kejaksaan Negeri Manokwari. Kegiatan ini dilakukan merupakan Law Enforcement di Bidang Obat dan Makanan khususnya Kosmetik yang juga melibatkan lintas sektor Criminal Justice System antara lain Korwas PPNS Polda Papua Barat yang dihadiri oleh Iptu Max Gosner Pigai, S.Sos dan Briptu Marcel Edward Karams, S.Ik. Penegakkan hukum ini telah melewati berbagai proses mulai dari pembinaan dan teguran yang telah diberikan petugas penyidik sampai akhirnya dilakukan Ultimum Remedium untuk dapat memberikan efek jera terhadap pelaku penjualan kosmetika tanpa izin edar berupa Kosmetik.

Barang bukti yang diserahkan dalam kegiatan Tahap II tersebut  berupa kosmetik illegal atau tanpa izin edar. Peredaran kosmetik ilegal atau tanpa izin edar (TIE) melanggar pasal 197 jo 106  ayat (1) Undang-Undang Kesehatan No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman pidana maksimal 15 tahun penjara atau denda paling banyak 1,5 miliar rupiah. Kegiatan Tahap II tersebut tetap dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Balai POM di Manokwari berkomitmen untuk melindungi masyarakat dari obat dan makanan yang dapat merugikan kesehatan. Balai POM di Manokwari juga terbuka untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait produk obat, obat tradisional, kosmetik, suplemen kesehatan dan pangan.

Balai POM di Manokwari menghimbau kepada masyarakat untuk ingat selalu CEK KLIK (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, Cek Kedaluarsa) sebelum membeli produk obat, obat tradisional, kosmetik, suplemen kesehatan dan makanan.

Satu tindakan untuk masa depan.