Berita Aktual

KIE "Generasi Cerdas Duta Obat dan Pangan Aman" oleh Loka POM di Kabupaten Kotawaringin Barat

6 Agustus 2021 16:06 WIB Dilihat 327 Kali Balai Besar/Balai POM » Loka POM di Kabupaten Kotawaringin Barat

Bertempat di Kantor Loka POM di Kabupaten Kotawaringin Barat hari Rabu 04 Agustus, telah dilaksanakan kegiatan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi dengan tajuk “Generasi Cerdas Duta Obat dan Pangan Aman”. Kegiatan dilaksanakan secara online menggunakan zoom meeting dengan lebih dari 50 siswa-siswi dari SMP 1 Arut Selatan sebagai peserta.

Dalam kegiatan tersebut, materi  tentang 5 Kunci Keamanan Pangan untuk Anak Sekolah disampaikan oleh Nursita Galih Permatasari, S.T.P, serta bagaimana mengkonsumsi pangan dengan aman melalui penerapan Cek KLIK ( Cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa). Materi selanjutnya disampaikan oleh Kepala Loka POM di Kabupaten Kotawaringin Barat Bpk. Kodon Tarigan, S.Si.,Apt yang menyampaikan tentang Penyalahgunaan Obat, materi tersebut menjadi penting terutama untuk anak usia SMP agar tidak terjerumus narkoba serta pergaulan bebas.

Peserta sangat antusias mengikuti acara dari awal hingga akhir. Pada materi 5 Kunci Keamanan Pangan peserta diajak untuk ikut aktif berdiskusi serta praktek secara langsung untuk melihat label kemasan pangan, kosmetik, dan suplemen kesehatan yang ada di rumah masing-masing. Begitu pula saat materi penyalahgunaan Narkoba peserta juga aktif menjawab pertanyaan-pertanyaan interaktif yang disampaikan oleh pemateri. Pada sesi tanya jawab juga banyak muncul pertanyaan baik yang berkaitan dengan Obat maupun pangan.

Kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk mengenalkan BPOM kepada kalangan pelajar dan pentingnya Pengawasan Obat dan Makanan pada kehidupan sehari-hari. Kesadaran untuk selalu mengkonsumsi Obat dan Makanan secara aman dan menghindari bahan-bahan yang dapat berbahaya bagi kesehatan harus ditanamkan sejak dini, agar dapat menjadi kebiasaan dan pola hidup yang baik kedepannya Harapannya para pelajar dapat menjadi generasi bangsa Indonesia yang cerdas, serta memiliki kesadaran dan pengetahuan keamanan Obat dan Makanan.

 

Ingat selalu CEK KLIK !

 

Loka POM di Kabupaten Kotawaringin Barat