Berita Aktual

BBPOM MATARAM GANDENG PKK KAB.LOMBOK TENGAH UNTUK MENJADI FASILITATOR KEAMANAN PANGAN MENUJU KABUPATEN PANGAN AMAN

6 Juli 2021 09:36 WIB Dilihat 291 Kali Balai Besar/Balai POM » Mataram

Lombok Tengah-Selasa (06/07/2021) Guna meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat terkait obat dan makanan yang aman, serta guna mewujudkan Kabupaten Pangan Aman, dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan, Balai Besar POM di Mataram menggelar KIE Penyebaran Informasi Obat dan Makanan dengan menggandeng TP PKK Kabupaten Lombok Tengah. Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung sekretariat PKK Kabupaten Lombok Tengah diikuti oleh 30 orang peserta yang berasal dari TP PKK Kabupaten Lombok Tengah, TP PKK Kecamatan dan Ketua POKJA 3 se Kabupaten Lombok Tengah.  

Kegiatan KIE dibuka oleh Ketua TP PKK Kabupaten Lombok Tengah Baiq Nuraini Fathul Bahri, yang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Balai Besar POM di Mataram yang telah berkenan untuk Kerjasama dan sharing informasi terkait Obat dan Makanan untuk selanjutnya akan disampaikan kepada masyarakat luas agar masyarakat paham obat dan makanan yang layak untuk dikonsumsi atau digunakan apalagi saat ini maraknya obat dan makanan yang dijual secara online yang belum tentu aman untuk dikonsumsi.

Kepala Balai Besar POM di Mataram, Dra. I Gusti Ayu Adhi Aryapatni, Apt., menyampaikan kegiatan bersama PKK Kab. Lombok Tengah bukan yang pertama kali dan guna menyonsong even internasional yaitu ajang motor GP di Lombok Tengah, kita harus mempersiapkan diri untuk menjamu tamu kita dengan menyediakan Obat dan Makanan yang aman. Melalui kegiatan ini diharapkan ibu-ibu PKK dapat menjadi kader atau fasilitator yang akan meneruskan informasi yang diperoleh minimal kepada keluarga terdekat, sehingga semakin banyak masyarakat yang menjadi konsumen yang cerdas yaitu konsumen yang mampu melindungi dirinya sendiri dari bahaya obat dan makanan yang tidak memenuhi ketentuan. Informasi terkait obat dan makanan peredarannya sangat banyak dan ada yang tidak memenuhi syarat. Ibu adalah penentu atau pengambil keputusan di keluarga untuk membeli atau memakai produk Obat dan makanan,  harus paham apakah produk yang akan dikonsumsi atau dipakai adalah produk yang aman untuk Kesehatan.

Selain materi terkait Obat dan Kosmetik yang disampaikan langsung oleh Dra. I Gusti Ayu Adhiaryapatni, Apt, disampaikan juga materi terkait bahaya dan dampak bagi kesehatan bila mengkonsumsi obat  tradisional dan makanan yang tidak memenuhi ketentuan yang disampaikan oleh PFM Madya Bidang Informasi dan Komunikasi,Baiq Suriati, S.Si.M.Si.

Kegiatan juga disertai dengan display produk hasil pengawasan BBPOM di Mataram yang tidak memenuhi ketentuan sehingga peserta dapat melihat secara langsung contoh-contoh produk yang illegal, produk yang mengandung bahan berbahaya maupun produk yang sering disalahgunakan, serta penggunaan aplikasi Cek BPOM dan BPOM Mobile untuk mengecek izin edar dari suatu produk. Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat lebih waspada dalam memilih dan menggunakan produk Obat dan Makanan serta berperan aktif dalam pencegahan peredaran produk obat dan makanan yang mebahayakan kesehatan.