Berita Aktual

Intensifikasi Pengawasan Pangan Bulan Ramadhan 1442 H di Kabupaten Bengkulu Tengah

19 April 2021 17:20 WIB Dilihat 73 Kali Balai Besar/Balai POM » Bengkulu

Bengkulu - Dalam upaya melindungi masyarakat dari peredaran produk pangan yang Tidak memenuhi Ketentuan (TMK), khususnya menjelang Hari Raya besar, sesuai surat edaran Badan POM nomor B-PW.04.03.1.5.04.21.98 tentang Intensifikasi Pengawasan Pangan Menjelang Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Balai POM di Bengkulu melakukan kegiatan Intensifikasi Pengawasan Pangan dengan target Pangan Olahan Tanpa Izin Edar (TIE), Kadaluwarsa dan Rusak pada sarana distribusi pangan (distributor, toko grosir/eceran, dan supermarket). Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 14 sampai 16 April 2021 di Kabupaten Bengkulu Tengah, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan mengingat situasi pandemi Covid 19 saat ini.

Hasil pengawasan yang telah dilakukan didapat 7 sarana Tidak Memenuhi Ketentuan (TMK) ditemukan pangan olahan Tanpa Izin Edar (TIE), kadaluarsa dan rusak (kemasan kaleng penyok). Tindak lanjut dari hasil temuan tersebut diatas dilakukan pemusnahan produk oleh pemilik sarana dan disaksikan oleh petugas Balai POM di Bengkulu.

Dalam kegiatan ini petugas memberikan pembinaan kepada pemilik sarana agar produk pangan yang dijual tetap memenuhi syarat mutu dan keamanan. Selain itu petugas juga menghimbau agar masyarakat sebagai konsumen juga harus memiliki kesadaran untuk memilih produk pangan yang aman dengan selalu melakukan Cek KLIK (cek Kemasan, cek Label, cek Izin Edar dan cek Kadaluwarsa) ketika akan membeli dan mengonsumsi produk pangan.