Berita Aktual

Kantor Badan POM di Kota Tarakan Laksanakan Intensifikasi Pengawaaan Pangan Bulan Ramadhan dan Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H

19 April 2021 13:25 WIB Dilihat 34 Kali Balai Besar/Balai POM » Loka POM di Kota Tarakan

Dalam rangka intensifikasi pengawasan pangan bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442, Kantor Badan POM di Kota Tarakan melakukan pengawasan terhadap sarana distribusi pangan bersama Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Tarakan dan Anggota Pramuka Gudep Aswawarman SMA Negeri 2 Tarakan, Kamis (15/04). Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sampel dan pengujian makanan takjil untuk berbuka puasa di Pasar Boom Panjang, Kota Tarakan. Sampel yang diambil sebanyak 30 sampel. Kemudian dilakukan pengujian produk pangan secara rapid tes kit terhadap parameter bahan berbahaya meliputi Boraks, Formalin, Methanyl Yellow dan Rhodamin B. Hasil pengujian pada seluruh sampel tidak terdeteksi adanya kandungan bahan berbahaya tersebut. Dengan demikian pangan takjil tersebut aman dan layak untuk dikonsumsi masyarakat.
Selama proses pengambilan sampel, Kantor Badan POM di Kota Tarakan juga memberikan edukasi kepada pedagang takjil untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahan berbahaya yang terkandung dalam suatu produk pangan, selalu menggunakan masker saat berjualan, jaga jarak dengan konsumen, rajin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer serta selalu menjaga kesehatan.