Berita Aktual

Badan POM Raih WCO Certificate of Merit 2021 dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai

29 Januari 2021 15:51 WIB Dilihat 1286 Kali Kerjasama dan Humas

Jakarta – Memperingati hari pabean internasional, empat instansi pemerintah mendapatkan World Customs Organization (WCO) Certificate of Merit 2021 dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan, Jumat (29/01). Penghargaan tersebut diperoleh atas upayanya bersama DJBC dalam percepatan pelayanan impor barang untuk keperluan penanggulangan COVID-19. Keempat instansi pemerintah tersebut adalah Badan POM, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan, dan Lembaga National Single Window (LNSW). Selain itu, Lazada Indonesia juga mendapat penghargaan yang sama karena telah menjadi platform e-commerce pertama di Indonesia yang menggunakan Skema “Delivery Duty Paid" untuk penyelesaian kepabeanan atas impor barang kiriman e-commerce.

 

International Customs Day atau Hari Pabean Internasional yang diperingati setiap tanggal 26 Januari, merupakan hari berdirinya WCO di tahun 1952. WCO adalah satu-satunya organisasi internasional dengan kompetensi di bidang Kepabeanan dan menyebut dirinya sebagai suara komunitas Kepabeanan internasional. Peringatan Hari Pabean Internasional ke-68 tahun ini mengangkat tema “Customs bolstering Recovery, Renewal and Resilience for sustainable supply chain”. Dalam amanatnya pada apel khusus peringatan Hari Pabean Internasional di lingkungan Kantor Pusat DJBC Selasa (28/01), Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan bahwa berdasarkan tema tersebut, artinya kita semua harus dapat memperkuat diri dalam meningkatnya kesejahteraan manusia dan keberadaan planet yang menjadi tempat kita hidup bersama secara sustainable. 

 

Direktur DJBC Heru Pambudi menyampaikan bahwa setiap tahunnya WCO memperingati Hari Pabean Internasional dengan memberikan kesempatan kepada Administrasi Pabean negara anggota untuk memberikan WCO Certificate of Merit kepada para pihak yang dinilai telah bekerja sama dengan erat dan menunjukkan dedikasi yang tinggi dalam mendorong pelaksanaan tugas DJBC.

 

Dalam sambutannya yang disampaikan melalui rekaman video, Kepala Badan POM RI Penny K. Lukito menyatakan rasa bangganya atas penghargaan yang diberikan DJBC. “Atas nama Badan POM, saya merasa terhormat menerima penghargaan penting, WCO Certificate Of Merit Tahun 2021,” ungkapnya. “Kami sangat berterima kasih atas pengakuan yang kami terima hari ini karena kami percaya bahwa otoritas regulasi memegang peran strategis untuk perlindungan konsumen. Kami telah bekerja keras untuk memperlancar perizinan distribusi obat termasuk vaksin, obat tradisional, dan suplemen kesehatan, terutama pada masa pandemi ini, dalam bentuk deregulasi dan simplifikasi, dengan tetap menjaga asesmen yang berstandar tinggi terhadap keamanan, khasiat dan mutu bagi perlindungan konsumen,” tegas Kepala Badan POM yang juga menyampaikan bahwa Badan POM berkomitmen untuk bekerja sama dalam penataan ekosistem logistik layanan logistik internasional dan domestik. (HM-Nell)

 

Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat