Berita Aktual

Amankan Pangan di Kementrian PUPR

16 April 2018 17:04 WIB Dilihat 404 Kali Balai Besar/Balai POM » Jakarta

Pangan aman merupakan hal yang esensial untuk menjaga kesehatan. Hal ini disadari betul oleh anggota Dharma Wanita Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dalam rangka mewujudkan pangan aman, Dharma Wanita Kementrian PUPR mengundang Balai Besar POM di Jakarta (BBPOM) untuk melakukan pemeriksaan keamanan makanan serta memberikan edukasi mengenai penyalahgunaan bahan berbahaya dalam makanan.

               Pelaksanaan pengujian keamanan makanan berlangsung pada hari Senin, 16 April 2018.  Kegiatan pemeriksaaan meliputi pengambilan sampel dan pengujian . Makanan yang diperiksa berasal dari kantin pegawai di lokasi Kantor Kementrian PUPR. Lokasi terbagi  lima bagian : Kantin Sumber Daya Air (SDA), Kantin Sekretaris Jendral,  Kantin Bina Marga, Koperasi PUPR, serta Kantin Roni. Pengujian dilakukan untuk mendeteksi keberadaan bahan berbahaya formalin, boraks, rhodamine B, serta methanyl yellow. Dari 70 sampel yang diambil masih ditemukan 2 sampel mengandung  bahan berbahaya ; 1 sampel berasal dari Koperasi Koprimpu Sekjen, dan sampel lainnya dari Kantin SDA. Selain Pemeriksaan sampel makanan tim BBPOM di Jakarta juga melakukan KIE ( Komunikasi, Informasi dan Edukasi ) tentang Keamanan Pangan kepada pengunjung kantin dan penjual di kantin.

               Pihak Dharma Wanita selaku inisiator program berjanji untuk menindaklanjuti penjual yang menyediakan pangan berbahaya, serta mengundang pihak BBPOM untuk secara berkala melakukan pemeriksaan dan edukasi seperti ini. Pihak BBPOM sendiri berharap kegiatan pemeriksaan ini tidak berhenti begitu saja, namun dilanjutkan dengan upaya berkesinambungan demi mendukung terwujudnya Visi Badan POM.