Profil

Profil Sekretaris Utama BPOM

Sekretaris Utama Badan POM

Dra. Elin Herlina, Apt, MP

LLahir di Ciamis pada tanggal 18 April 1967, Dra. Elin Herlina, Apt, MP resmi menjabat sebagai Sekretaris Utama Badan Pengawas Obat dan Makanan pada tanggal 9 Februari 2018. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Badan Pengawas Obat dan Makanan periode Mei 2017 hingga Februari 2018. Selain itu, beliau juga pernah menjabat sebagai Direktur Standardisasi Produk Pangan (2016 - Mei 2017) dan sebagai Direktur Penilaian Keamanan Pangan (2012 - 2016).

Ibu dari 3 (tiga) orang anak ini menempuh pendidikan S1 Farmasi dan pendidikan Profesi Apoteker di Institut Teknologi Bandung. Beliau melanjutkan pendidikannya di program pasca sarjana dan memperoleh gelar Magister Teknologi Pangan dari Institut Pertanian Bogor. Beberapa pendidikan dan pelatihan teknis dan fungsional pernah diikuti sejak tahun 1995. Demikian juga pelatihan dalam bidang komunikasi dan kepemimpinan.

Dalam perjalanan karirnya, beliau sangat concern terhadap upaya untuk mewujudkan pelayanan publik yang profesional, transparan, efektif dan efisien. Pengembangan dan penyempurnaan e-registration (pendaftaran pangan olahan secara elektronik) serta sistem Reward & Punishment kepada pelaku usaha pangan adalah terobosan yang beliau lakukan saat menjabat sebagai Direktur Penilaian Keamanan Pangan. Elektronisasi proses registrasi pangan olahan yang memangkas waktu pelayanan secara signifikan menjadi prestasi yang membuat Direktorat Penilaian Keamanan Pangan menjadi Unit Pelayanan Publik Percontohan di tingkat Badan POM pusat.

Atas pengabdian beliau, negara telah memberikan penghargaan Satya Lencana Karya Satya X (Perunggu) tahun 2011 dari Presiden Republik Indonesia.